Kamis, 29 September 2011

Ryan Giggs, Clarence Seedorf & Lionel Messi Masuk Tim Terbaik Liga Champions Sepanjang Masa Versi L'Equipe


Tiga pesepakbola yang masih aktif bermain saat ini, yaitu Ryan Giggs di Manchester United, Clarence Seedorf (AC Milan), serta Lionel Messi (Barcelona), berhasil menembus susunan tim terbaik sepanjang masa Piala/Liga Champions versi L'Equipe.

Delapan slot tersisa yang dirilis harian olahraga terkemuka terbitan Prancis itu diisi oleh para legenda yang telah gantung sepatu. Yang berhak masuk kriteria pun hanya para figur yang telah mengangkat trofi paling bergengsi antarklub Eropa itu sekurangnya dua kali.

Di bawah mistar, L'Equipe menjatuhkan pilihan kepada kiper legendaris Jerman, Sepp Maier, yang berjaya bersama Bayern Munchen dengan menyabet tiga gelar beruntun, pada 1973/74 hingga 1975/76.

Eks rekan Maier di Tim Bavaria, Franz Beckenbauer, didaulat mengamankan jantung pertahanan bersama Franco Baresi, yang mengantar Milan merajai Benua Biru di awal era 90-an.

Legenda I Rossoneri yang lain sekaligus penerus ban kapten Baresi setelah sang bek sentral pensiun, Paolo Maldini, mengisi full-back kiri ditemani Phil Neal di sisi kanan. Orang Inggris yang disebut terakhir ini menyabet empat titel bersama Liverpool.

Beralih ke lini tengah, trio Seedorf (peraih gelar bersama Ajax, Real Madrid, dan Milan), Giggs, serta Messi -- meskipun ia kini lebih sering diplot sebagai penyerang -- dipercaya mendampingi Johan Cruyff, yang memimpin Ajax Amsterdam merengkuh tiga trofi Piala Champions sebagai pemain.<script type="text/javascript" src="http://ad.doubleclick.net/adj/gna.id/level2;tile=3;sz=160x600;ord=712706?area=2l&pos=2&ord=712706"></script>

Sebagai penggedor, ketajaman Alfredo Di Stefano mengoyak jala musuh-musuh Madrid dan mengantar tim ibu kota Spanyol itu menyapu bersih lima titel antara 1955/56 sampai 1959/60 membuat namanya mustahil dipinggirkan. Kepantasan eks bomber Milan asal Belanda, Marco van Basten, berdiri sebagai duet Di Stefano juga tak perlu diragukan.

Berikut ini susunan lengkapnya:

Kiper: Maier (Bayern)

Bek: Neal (Liverpool), Baresi (Milan), Beckenbauer (Bayern), Maldini (Milan)

Gelandang: Seedorf (Ajax, Milan, Real Madrid), Messi (Barcelona), Cruyff (Ajax), Giggs (Man. United)

Striker: Di Stefano (Real Madrid), Van Basten (Milan)

Selain pemain, L'Equipe juga menyusun daftar tim terbaik sebagai berikut:

1. Real Madrid
2. AC Milan
3. Bayern Munchen
4. Barcelona
5. Liverpool
6. Manchester United

Terakhir, koran yang salah satu jurnalisnya, Gabriel Hanot, adalah penggagas utama kompetisi European Cup (cikal-bakal Liga Champions) ini juga mengeluarkan susunan terbaik berdasarkan negara, dengan Spanyol memimpin di urutan teratas diikuti Jerman dan Inggris

Tidak ada komentar:

Posting Komentar